• Breaking News

    Senin, 09 Mei 2016

    Perkembangan Geostrategi Indonesia

    Geostrategi Indonesia




    Geostrategi Indonesia pada awalnya digagas oleh SESKOAD (Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat) Bandung pada tahun 1962. Isi konsep geostrategi Indonesia nya yaitu pentingnya pengkajian terhadap perkembangan lngkungan strategi di kawasan Indonesia yang ditandai dengan meluasmya pengaruh komunis. strateginya di maknai dengan strategi untuk mengembangkan dan membangun kemampuan teritorial dan kemampuan gerilya untuk menghadapi ancaman komunis di indo cina.

    Pada tahun  selanjutnya yaitu pada tahun 1965 lembaga ketahanan mengembangkan geostrategi menjadi lebih baik dari sebelumnya dengan isi rumusannya 'Bahwa geostrategi Indonesia harus berupa sebuah konsep strategi untuk mengembangkan keuletan dan daya tahan, juga untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi berbagai ancaman , tantangan hambatan, dan gangguan, baik bersifat internal maupun eksternal.

    Tahun 1972 lembaga ketahanan nasional terus melakukan evaluasi tentang geostrategi Indonesia yang sesuai dengan kansleltwi Indonesia. Pada era itu juga konsep Geostrategi Indonesia dibatasi sebagai metode untuk mengembangkan potensi ketahanan nasional dengan pendekatan keamanan dalam kesejahtraan untuk menjaga identitas kelangsungan serta integritas nasional sehingga tujuan nasional cepet tercapai. 

    Tahun 1974 geostrategi Indonesia di kuatkan wujudnya dalam bentuk rumusan ketahanan nasional, segabai kondisi, metode, dan doktrin dalam pembangunan nasional.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Culture